Jumat, 13 Desember 2013

Interaksi Manusia & Komputer - Quality of Services

response time adalah waktu dalam satuan detik yg dibutuhkan user untuk menginisialisasi proses hingga output diterima

user think time adalah waktu dalam satuan detik yg dibutuhkan user untuk berpikir sebelum melakukan aksi selanjutnya

yg harus diperhatikan designer :
1. kompleksitas interaksi yg dibutuhkan
2. biaya
3. kompleksitas pekerjaan
4. ekspektasi user
5. kecepatan performa
6. tingkat kesalahan
7. prosedur untuk menangani kesalahan

display rate adalah kecepatan menampilkan berapa banyak karakter tiap detik yg dapat dipengaruhi oleh kecepatan transmisi jaringan serta performance server

cara untuk menghindari error :
1. membuat response time yg wajar
2. memberikan indikator proses
3. menghindari distraksi pada user
4. memberikan feedback
5. memberikan cara untuk menangani error
6. membuat sistem dengan kecepatan interaksi yg optimum

ada 3 hal yg mempengaruhi tanggapan user pada response time :
1. pengalaman
2. toleransi user terhadap delay
3. tingkat kerumitan pekerjaan

pekerjaan user dapat dibagi 2 :

1. repititive task
merupakan kondisi dimana pekerjaan itu sendiri ikut menentukan apakah perubahan pada response time akan mempengaruhi produktivitas user

2. problem solving task
user akan mengadaptasi pekerjaannya tergantung pada response time

hal yg dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat frustasi user :
1. mengurangi beban kerja memori user
2. menyediakan interface yg kaya akan informasi
3. meningkatkan automatisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar