Rabu, 06 November 2013

Interaksi Manusia & Komputer - Guidelines, Principles and Theories

Guidelines (Pedoman)

1. Navigasi Interface (aksesibilitas pedoman, teks alternatif, waktu berbasis media, beda, dapat ditebak)

2. Pengaturan Layar (5 tujuan tingkat tinggi menurut Smith & Mosier (1986) : konsistensi tampilan data, informasi yg efisien bagi user, beban memori user kecil, kompabilitas data dengan entri data, fleksibilitas dalam kontrol tampilan data user)

3. Mendapatkan Perhatian User (teknik : intensitas, penilaian, ukuran, font, video, warna, audio)

Principle (Prinsip)

a. Menentukan level kemampuan user
Contoh : Novice/First-time users, Knowledgeable Intermittent users, Expert frequent users

b. Mengenali tugasnya
Contoh : high level task, middle level task, atomic action: Frequent, Less Frequent, Infrequent Actions



c. Memilih gaya interaktif (manipulasi langsung, pemilihan menu, pengisian form, command & natural language)



d. 8 aturan emas dari interface design :
1. konsistensi
2. memungkinkan user menggunakan shortcut
3. memberikan umpan balik yg informatif
4. merancang dialog untuk menghasilkan suatu penutupan
5. memberikan penanganan kesalahan yg sederhana
6. mudah kembali ke tindakan sebelumnya
7. mendukung tempat pengendali internal
8. mengurangi beban ingatan jangka pendek

e. Mencegah error (dibuatkan pesan error yg spesifik, dan ada perbaikan)

Theories (Teori)

Explanatory Theories (observasi, deskripsi aktifitas, pelatihan, conceiving of designs, comparing high-level concepts of two designs) & Predictive Theories

4 level Foley and can Dam : level konsepsual, semantik, sintatik, leksikal

Norman's seven stages of action :
1. membentuk goal/target
2. membuat maksud/tujuan
3. menjelaskan tindakan
4. melakukan tindakan
5. memahami keadaan sistem
6. menginterpretasikan keadaan sistem
7. mengevaluasi hasil akhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar